Rabu, 06 Juni 2012

Prinsip Kerja Komputer

Pada dasarnya  prinsip kerja komputer tidak jauh beda dengan prinsip kerja mesin lainnya.
sebagai pendahulan, perhatikan gambar di bawah ini.


Pada Bagan di atas dapat Anda lihat gambar prinsip kerja sebuah mesin pada umumnya Kita, sebagai user, memberi data input untuk diolah/diterjemahkan oleh otak mesin tersebut dan komponen-komponennya,  untuk selanjutnya hasil olahan tersebut diteruskan ke bagian output sehingga dapat direalisasikan bentuk perintah apapun yang diberikan seorang user.

Prinsip kerja komputer pun demikian. Anda memberikan perintah lewat sebuah hardware yang selanjutnya diterjemahkan oleh hardware lainnya, yang kemudian diteruskan ke bagian hardware output.

Lalu, mana  yang berperan sebagai input, process, atapun output hardware? beberapa hardware yang berpungsi sebagai input, antara lain:
  1. keyboard
  2. mouse
  3. joystick
  4. tombol start & Reset yang ada di front panal  cpu
  5. tombol eject pada CD/DVD-Rom.
  6. web cam
sedangkan hardware yang berfungsi untuk mengolah data adalah prosesor yang terletak dalam cpu. ketika menerjemahkan data, prosesor dibantu oleh hardware-hardware lainnya seperti memori RAM (kecepatan membaca data), harddisk (menyimpan data), power supply (memberikan asupan daya listrik kepada hardware-hardware lain dalam cpu), VGA (ketika data yang diolah berhubungan dengan grafis), soundcard (berhubungan degan audio-output), modem ( untuk internet), dan lain sebagainnya, dimana ketika hardware-hardware-hardware tersebut bekerja, semuanya terhubung lewat motherboard.

sedangkang beberapa hardware yang dikategorikan sebagai output adalah sebagai berikut:
  1. monitor
  2. speaker
  3. headset
  4. printer
  5. scanner
  6. dan lain sebagainya.

Comments :

0 komentar to “Prinsip Kerja Komputer”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Informasi Teknologi

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger